Minggu, 02 Januari 2011

Café Bakpao, Kok Bakpaonya Merah?

Masih bingung maksudnya?
Oke, aku jelaskan ya, guys.
Ini adalah salah satu produk dari ketela, namanya bakpao telo.

Kita bisa temukan makanan satu ini di kota ngalam atau malang.

Bahan pangan lokal seperti ubi jalar ternyata memiliki potensi yang cukup besar untuk diolah menjadi makanan modern dan populer seperti bakpao. Bakpao ubi jalar atau lebih terkenal dengan sebutan bakpao telo ini telah menjadi kuliner khas Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya, Malang dan sekitarnya sejak diproduksi pada tahun 2003 oleh Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT), Pasuran, Jatim.
Lebih rinci, tempat-tempat penjualan yang bisa kamu kunjungi adalah Agrowisata:
- Paralayang
- BNS
- Jatim Park
- Songgoriti
- Pusat oleh - oleh Bakpao Telo
- Rafting
- Air Terjun Cuban Rondo

Bakpao Telo memiliki tampilan yang unik terutama pada warnanya. Biasanya cemilan khas negeri Cina ini berwarna putih bersih terbuat dari 100 persen tepung terigu dengan isi daging atau kacang merah di dalamnya, tetapi bakpao telo berwarna ungu gelap dan kuning serta berisi sembilan rasa yaitu, coklat, keju, kacang tanah, daging ayam, kornet, strawbery, nanas, kacang hijau. Rasanya sangat gurih, manis dan lembut. Harganya sangat terjangkau hanya Rp 2.000-4.500 per biji.

Seperti umbi-umbian lain, ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang baik. Selain itu juga kaya akan protein, lemak, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, asam nikoninat, dan antioksidan. Selain itu ketersediaannya cukup melimpah di Indonesia.

Kalo yang ada di atas itu adalah bakpao rasa kacang merah (warna merah) dan rasa keju (warna hijau).

Asal mula produk ketela yang satu ini adalah Bapak Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA yang prihatin atas kondisi Indonesia yang hobinya impor tepung melulu. Akhirnya beliau mencetuskan ide membuat bakpao yang biasanya bahan bakunya dari terigu one hundert percent diganti menjadi telo, atau ubi ungu. Bahkan beliau sekarang produksi tepung telo yang siap diekspor ke luar negeri kayak Korsel.
Dari sini kita bisa belajar bahwa kita gak perlu impor bahan, malah kita bisa ciptakan produk baru dari bahan yang ada dan gak kalah saing sama produk luar.

Ngomong-ngomong guys, aku udah ke Malang loooh guys! dan tentunyaaa udah ngerasain bakpao telo :D heummmmm eenak banget :D
rasanya tuh lembut dan maniiis, aku paling suka yang rasa kacang ijo ama rasa ayam :D
puookoknyaaa enaknya itu sampe ke hati deeeh, bikin kangen dinginnya Malang >.<
buruan deh guys yang belum rasaain. ngga kapok kok pasti, malah pengen lagiii, lagiiii, daaan lagi
itu cerita aku, mana ceritamu hari ini? hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar