Rabu, 18 Mei 2011

Jogja oh Jogja

Huaaaaaaaahhh jogjaa... Gue nulis ini mungkin di last day gue di Jogja , bisa dibilang hampir seminggu gue di Jogja. Not only for vacation, but also for following the test of STKIP Kebangkitan Nasional karena gue lolos seleksi dokumen :D . First time gue ke Jogja gue pikir orang-orang Jogja sama deh kayak di Balikpapan, ternyata tidak semua begitu, orang-orangnya banyak yang ramah kepada siapa saja, ada juga yang enggak, tapi tetap gak sama kayak di Balikpapan.

Gue lumayan betah menetap di sini, karena gue istilahnya "dimanjain" lah disini, tapi bukan berarti gue minta ini itu segala macam, oke apa yang gue minta akan dikasi, tapi masalahnya gue lagi gak pengen minta apa apa dari big boss. Akhirnya kalo misalnya gue ditawarin yah gue cuma bilang "terserah" atau "ya kalo mau beliin ya gapapa". Gue memang dari kecil gak suka minta yang aneh aneh sama ortu, kalo gak dikasi yaudah lewat aja.

Betahnya gue di Jogja gak cuma karena "dimanjain" ortu, tapi juga "disayang" sama "kakak baru" gue, namanya Kak Adit, nama panjangnya adiiiiiitttttttttttttt... (hahaha becanda kak), kalo di facebook namanya Aditya Damayana Sugiarta. Gue kenal Kak Adit justru 2 hari sebelum gue meninggalkan Jogja. Tapi itu 2 hari yang menyenangkan kok.

Hari pertama gue ketemu Kak Adit, waktu itu Kak Adit mau nganter temennya (gue pikir itu ceweknya dan ternyata emang iya) pulang, tapi gue belum kenal Kak Adit. Terus besok malemnya gue lagi nelpon, eh ada kucing nyamperin gue, taunya kucingnya si kakak, dan gue kaget begitu tau kakak berkacamata ini pulang. Kaget juga sih ada yang ckrakk ckrekk pintu, tapi pas aku noleh ke dia yah senyum aja yang bisa tersungging di bibir saking kagetnya (beneran deh, Kak).

***

Besok malemnya (perkiraan begitu) aku lihat kucing di depan pintu si kakak, trus kupegang pegang aja kucingnya, awal percakapan kita ya soal kucing.
"Adek suka kucing juga?"
"Ehmm..suka sih, Kak. Cuman gak bisa melihara (sambil malu malu jawabnya)" wkwkwk gitu deh kira kira.
"Namanya siapa?"
"Namaku rizka, Mas. Mas namanya siapa?"
"Adit," sambil nyodorin tangan, trus kita salaman deh.
"Andit??" tanya gue yang lebih fokus ke kucing daripada yang punya yang gue tau nama kucingnya itu choco..
"Adit.."
"Ooooohh, Adiiiiiiiiittt," prtama manggil masih transisi antara mas sama kak, tapi begitu tau namanya yah panggilnya "Kak Adit."
Begitulah percakapan kita petang itu sampe mungkin jam 8 malam karena kak adit belum makan .. -_- yah gitu lah.

Keesokan harinya..
Gue dirumah aja, Kak Adit pulangnya sore skitar jam setengah enam, jadi gue jalan lah jam 12 sampai jam 4  ke pasar waktu itu, gue pengen cepet pulang, gak mau keduluan Kak Adit pulangnya, Kak Adit sudah sms juga minta ditemenin mainan di kost, kita mau bikin boneka gitu dari kain flanel, but at least bonekanya kagak jadi gara gara ada yang gangguin. Yah begini lah cerita gue sama kak adit malam itu.
Gue lagi nonton pas kak adit pulang, karena mama mau ke depan nyamperin dan ngobrol sama yang punya kost, gue kan males banget tuh dieem mingkem aja, so gue baca buku aja deh daripada ikut mama :P , eh Kak Adit keluar mau wudhu, trus habis wudhu dia ngajak gue nemenin dia bikin boneka, gue ketawa aja mengiyakan.

Gue baca buku sambil siul-siul dan dengerin lagu "kenangan terindah", kok ya lagunya terulang itu itu terus, padahal settingnya udah gue ganti. Mungkin itu firasat kalo kenangan sama Kak Adit bakalan jadi kenangan terindah di Jogja, soalnya gue sering banget deja vu ataupun dapat firasat baik buruknya ketika gue milih sesuatu.

Kak Adit keluar bawa segepok kain flanel (duit kalee segepok), jarum, dan sebagainya. Awalnya gue duduk aja tuh di karpet, kan masih newbie jadi gak tau mau ngerjain apa sambil ngobrol sama Kak Adit.
Kak Adit nanya,"Adek bisa nge-jait kayak gini?" "Bisa kak, dulu waktu SD pernah menjahit kayak gitu, tapi kayaknya lupa deh, hahaha", ngawur banget gue, gak fokus. Gue diajarin bikin pola, Kak Adit bilang "ini singa nya harus simetris yah yang ini, segi..delapan," "waaah masalah simetris simetrisan gak usah ragu kak, pasti deh simetrisnya sama rizka ituuu.."

Tapi masalah pas gue bikin kepala, gue gak ahli banget bikin oval tanpa alat, jadi Kak Adit yang bikinkan kepala singanya, Kak Adit ahli banget menggambar pola, tapi Kak Adit kagak tau kalo yang dia pake itu namanya kertas padi namanya, gue aja sebenernya bingung sih kok temen-temen gue nyebutnya kertas padi tapi whatever lah. Yang penting bikin boneka ini sama Kak Adit.

Pertama sih Mama ngawasin kita sampe mau ngobrol aja aku nulis nulis di kertas buat Kak Adit deh *kesannya kok romantis gini ya?* Tapi begitu udah jam 9-an, Mama masuk kamar, habis deh gue curhat semua masalah gue sama Kak Adit, sampe gue lupa punya masalah apa selama ini gara-gara gue tumpahkan ke Kak Adit yang setiaa banget nge-dengerin dan ngasih wejangan-wejangan pemecah masalah gue. Ahh lega banget deh. Gak terasa sudah jam setengah 12 malam loh kita ngobrol, ya udah deh kita bubar pas liat jam.

Entah kenapa gue ngerasa comfy + cozy banget deket sama Kak Adit, mungkin karena gue belum pernah ngerasain disayang sama kakak cowok seperti Kak Adit yang memperlakukan gue dengan layak selayak-layaknya adiknya sendiri (selama ini gue diperlakukan gak layak kah??). Mungkin juga karena sosoknya di mata gue yang sederhana, kedewasaannya yang paling bikin gue tertarik berteman sama Kak Adit ini. Gue emang seneng temenan sama orang yang berpikiran dewasa, rasanya gue saaangat comfort bicara terutama sama cowok (dewasa) karena dengan mudahnya gue bisa berteman dengan cowok-cowok yang ada disekitar gue entah kenapa tapi itu yang gue rasa selama hidup (kayak udah pernah mati aja gue...). 

ini dia tukang ngangon kucing persia
berijazah
Besoknya, gue pengen nyiapin sarapan buat Kak Adit untuk "say thanks" lah atau gimana baiknya menurut loe, gue (pasti) bangun duluan dari Kak Adit, tapi pas gue keluar dari kamar mandi, Kak Adit rupanya udah ke kantor. Gue sudah ketok ketok kamarnya, kucingnya aja kagak nyaut. Ya udah sedih deh gue belum sempet say good bye and see you again, tapi kami masih tetap ngobrol, sms, pokoknya tetap nyambung lah silaturahmi :D It makes me happy, pokoknya terimakasihku buat Kak Adit yang baik, udah ngasih nasehat, ngingetin aku bukan anak kecil lagi, udah sabar ngajarin aku bikin boneka flanel, pokoknya terimakasih ya Kak buat the best best best two days :D

2 komentar:

  1. Saya kan terbiasa mengurusi anak2 panti asuhan yang biasanya sangat jarang mendapatkan perhatian dari orang tua,hehe...
    pokoknya saya suka sekali dengan anak2,
    geli juga bacanya nih... tpi lucu juga.. dan kenapa foto itu yg dipake.. Ga ada yg lebih bener ya?????Boleh ga diganti pake fotonya shrek??
    *saya juga punya rasa malu lho dek T.T

    BalasHapus
  2. ahiakk jadi maksudnya Kak Adit aku kayak anak ilang lah gitu? wkwkwk iya emang aku kurang perhatian sih :P wehehe

    itu dia masalahnya.. gak ada yang lebih bener kah dari foto itu? aku sudah berusaha semaksimal mungkin sampe naik turun gunung bertapa sebulan semalem untuk mendapatkan foto yang seeksklusif-eksklusifnya dan sebenar-benarnya tapi hanya itu yang bisa kudapat

    lho? kakak kan gak gede badannya kayak Shrek, kalo kayak nenek sihir saya bisa ganti

    jangan malu, seluruh dunia sudah tau kedokmu, Kak. huhaahahahaha (evil laugh)

    BalasHapus