Selasa, 29 Oktober 2013

Satu Bulan Persiapan OJT, Rasanyaa....

Sampailah saya di akhir Persiapan OJT. Yak, sebelum benar-benar OJT, kami diberi persiapan, mulai dari Renstra (Rencana Strategis) yang isinya Analisis SWOT yang amat males untuk dibaca hehe (tapi tetep saya baca), SOP (Standar Operasional Prosedur) di DJP, nyoba-nyoba aplikasi e-learning (yang justru merepotkan karena maksa banget harus dibuka tanggal 25 Oktober), hingga Manual OJT. Sangat rumit sih menurut saya, tapi ya jalanin aja. Toh dari awal juga udah ribet, ribet pendaftaran, ribet kuliah setahun, ribut ribet nonjob setahun, dan sekarang ribet persiapan OJT selama sebulan, yang mana dari sebulan ini akan dikembangkan jadi tiga bulan. Iya, jadi saya masih pegawai diperbantukan sampai 3 bulan ke depan.


Balik lagi ke persiapan OJT. Yang pertama saya belajar mengenai Rencana Strategis DJP. Sebenarnya ini penting untuk dipelajari, mengingat Renstra ini menjadi acuan 'untuk apa saya bekerja'. Tapi saya kurang tertarik dengan teori di mana teori tersebut tidak begitu interaktif. Mau aktif pun, saya tidak paham mau tanya di bagian mana, rasanya saya harus baca dua sampai tiga kali Renstra ini. Saya malah iseng bacain Analisis SWOT nya, soalnya Pembimbing saya katanya mau nguji saya, eh nggak jadi. Yaudah, saya juga senang hehehehe soalnya saya cuma hapal visi dan misi DJP. Intinya saya bekerja untuk mencapai Visi dan Misi DJP tersebut. Yosh!!!

Satu hal yang saya keluhkan dari kantor saya adalah DINGIN!!! Pake tanda seru 3 kali tandanya dinginnya udah nggak manusiawi. Emang dinginnya nggak manusiawi banget, karena dinginnya kantor kami ini sedingin kulkas, you know lah kalo di supermarket itu yang bagian dinginin ikan dan seafood lainnya itu, nah, sedingin itu lah kantor kami. Kadang tangan saya rasanya mau putus saking dinginnya. Udah beberapa hari saya merencanakan untuk bawa jumper (jaket) , eh ya kok lupa mulu. Akhirnya pada hari di mana saya bener-bener merasa hipotermia (bahasa lebaynya), saya lari ke kantor sebelah untuk minjem jaket ama Mas Chandra (bukan nama sebenarnya tapi nama aslinya hehehe). Dengan muka memelas dan badan yang menggigil saya ke ruangannya trus ngerampok jaketnya. Itu berlangsung selama kurang lebih satu minggu (karena saya nggak nemu jaket saya di mana). Tapi setelah jaket saya ketemu pun, saya masih sering pinjem jaketnya dia, rasanya jaket saya masih kurang nendang, masih kalah sama dinginnya ruangan ini. 

Kalau jam istirahat, kami berempat (anak magang) suka ngumpul di kantin. Bukan karena kami bikin geng atau apa, kami lapar! Jadi kami berempat (saya, Mr. J, Alfin, dan Mas Chandra) sehabis sholat ke kantin, trus pesen makanan, biasanya kami suka mesen makanan beda beda, saya mi goreng, Mr. J (Jei) pesen nasi campur, Alfin pesen nasi kuning, Mas Chandra pesen piringnya doang hahahahah :p (ampuun ndoro).

Kadang-kadang saya bertanya sama diri saya sendiri, saya masih 19 tahun, dan sudah bekerja. Sanggupkah saya kerja di lingkungan di mana bertebaran orang-orang dewasa? Kalau dulu di balai kan banyak temen yang umurnya nggak jauh-jauh banget lah. Sekarang, di sekitar saya adalah teman-teman yang sudah menikah dan punya anak. Rasanya kadang minder, kadang juga aneh, kadang juga lucu. Entah lah, kadang-kadang saya merasa terbebani sendiri dengan keadaan saya saat ini. Yah tapi pikiran pikiran itu kan sebenarnya cuma perasaan saya, di mana saya masih pengen kerja itu bebas, suka suka saya. Makanya saya lebih suka jadi guru daripada kerja kantoran, soalnya kalo jadi guru kan kita bebas ya melanglangbuana jalan ke sana sini, di dalam kelas bisa mondar mandir sesuka hati sambil liatin murid yang lucu-lucu. Nah kalo di kantor? yang dilihat ya itu itu aja, paling banter ya mondar mandir ke lantai 2, 3, atau 4, dan kantin. Dan saya harus stay di tempat duduk, setidaknya di ruangan lah, supaya temen-temen nggak kesulitan nyariin kalo ada perlu.

Kejadian yang agak-agak gak enak lagi, saya lupa absen sewaktu pulang -,- 
jadilah saya PSW 4, alias Pulang Sebelum Waktunya kategori 4. Akhirnya nanti ketika rapelan, tunjangan saya akan dipotong, kalo ga salah sih 2,5%. Ah, lumayan banget ya potongannya. Saya sendiri nggak tau gaji + tunjangan saya berapa, pokoknya kerjaaaaaaa aja. Untungnya saya nggak perlu pegang uang karena nanti uangnya masuk ke rekening. Kalau pas rapelan saya tiba-tiba terima uang banyak, mungkin saya akan kaget banget, dan bingung, mau diapakan duit segini banyak. Kalo udah masuk rekening kan enak, udah punya tujuan, uangnya ya untuk ditabung aja, atau mungkin untuk bayar kuliah. 

Udah ah, saya mau nonton voli. Hari ini pertandingan final lho. Kantor lama saya (balai) akan tanding di kantor baru saya ini `(kanwil), melawan kanwil Bea dan Cukai. Saya bingung mau mendukung yang mana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar