Senin, 25 Maret 2013

Perguruan Tinggi Kedinasan Mana Yang Kamu Incar?

Seharian ini saya di kantor menerima telepon dari orang-orang yang menunggu dan menanti-nanti kapankah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang biasa disapa STAN membuka pendaftaran. saya sampe speechless. karena yang saya tahu STAN itu nggak tentu kapan bukanya. saya cuma bisa menyarankan untuk tetap menunggu dan memantau perkembangannya lewat www.stan.ac.id

nah, untuk itu, saya punya ide (sebenernya idenya udah muncul kapan hari tapi lupa mulu) untuk membagi informasi tentang Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang ada di Indonesia. hal ini saya lakukan untuk mensosialisasikan bahwa di Indonesia ada yang namanya Perguruan Tinggi Kedinasan, dan PTK itu nggak cuma STAN, IPDN, STIS, dan lain sebagainya.

udah ga pake basa-basi lagi ini dia list PTK yang ada di Indonesia. Silakan disimak!

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
Tentunya  saya akan membahas PTK yang paling saya banggakan sepanjang masa dan idaman kaum fresh graduate. Saya bisa bahas tentang STAN sampe besok pagi lagi hahaha.. STAN adalah sekolah tinggi yang paling terkenal seantero Indonesia. Ya, tidak semua orang tahu apa itu STAN, mungkin yang di pelosok bumi pertiwi ini masih ada yang belum mengenal STAN. Pendidikan di lakukan di beberapa kota di Indonesia, yaitu Bintaro,Jakarta, Balikpapan, Cimahi, Medan, Palembang, Denpasar, Pontianak, Manado, Makassar, Yogyakarta, Malang, Pekanbaru, Saya termasuk salah satu kaum rakyat jelata yang beruntung mencicipi enak (dan susahnya) masuk PTK satu ini. Pengalaman di tiap daerah pendidikan mungkin agak berbeda. Kalau di Balikpapan, saya dididik dan dilatih di BDK Balikpapan. Mahasiswi di sini hanya 2 orang. Kalau ditotal dari setiap daerah, mungkin jumlah mahasiswi cuma 10% dari jumlah total mahasiswa yang diterima. Setiap pagi kami disuguhi apel pagi, dilanjutkan lari pagi, push up, jalan jongkok, skot jam, ya apapun perintah dari rekan-rekan di Balai kami kerjakan, sebagai olah raga. Setiap 3 bulan, kami disuguhi uang jajan :D lumayan buat beli cemilan dan jalan-jalan keliling kota. Ada juga yang begitu dapat uang jajan langsung bayar utang :P hehehe
Oh iya, keasyikan cerita nih jadinya. Intinya, saat ini, STAN MEMBUKA PENDAFTARAN berdasarkan Pengumuman Nomor PENG-4/SJ/2013 ini. Khusus untuk Putra/Putri Daerah Papua dan Papua Barat, STAN membuka pendidikan khusus D-I Keuangan spesialisasi Pajak dan spesialisasi Kebendaharaan Negara. Info lebih lengkap dapat kalian unduh PENG-3/MK.12/2013

Pendaftaran dibuka online mulai 10 Juni-20 Juni 2013 dan yang berhasil melalui tes pemberkasan akan diumumkan pada 23 Juni 2013 di website resmi STAN.
Mengenai lembaga yang menampung lulusan STAN yaitu yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan yaitu : DJP, DJPU, DJBC, DJKN, DJPBN, DJA, BPPK, BPK, BPKP, DJPK, dan masih banyak lagi.

Ayoo buat temen-temen yang di Balikpapan dan sekitarnya, buat yang mau daftar, bisa ke BDK Balikpapan untuk informasi lebih lanjut, bisa ketemu saya juga lhooo~ #tetapeksis ^_^v

2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Saya pernah ikut tes di STIS dan gagal di tahap awal, soal yang disajikan sih mudah, ngejawabnya itu yang ampun ampun deh. Udah gitu ruang ujiannya dingin nggak pake ampun. Diawasi 3-5 orang dari mahasiswa STIS sendiri.
Angin segar untuk temen-temen sekalian *fiuhhhhh*, STIS udah membuka pendaftaran. Untuk pendaftaran online nya dibuka 18 Maret s.d. 19 April 2013, ini untuk yang ikatan dinas bagi fresh graduate alias lulusan SMA sederajat. Sedangkan untuk yang non ikatan dinas, pendaftaran dibuka 18 Maret s.d. 12 April 2013. Non ikatan dinas dalam arti bagi para pendaftar telah menjadi PNS di lembaga/satker lain selain BPS. Semacam tugas belajar gitu lah. Tapi kalo yang ini tugas belajarnya masih di Indonesia (biasanya tugas belajar didefinisikan selalu ke luar negeri). Info lebih lanjut bisa dilihat di sini untuk yang ikatan dinas, dan di sini untuk yang tugas belajar.
Lembaga yang menampung lulusan STIS adalah BPS (Badan Pusat Statistik).

3. AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika)
Ada juga yang menyingkatnya menjadi AMKG. Yang pasti ini untuk temen-temen yang pecinta alam dan sains. Ini juga ada angin segar buat temen-temen semua. AMG tahun ini (2013) membuka pendaftaran Program Diploma (Prodip) III jurusan Meteorologi, Program Diploma III jurusan Geofisika, Program Diploma III jurusan Instrumentasi dan Program Diploma III Jurusan Klimatologi. Sayang sekali tidak semua fresh graduate bisa ikutan daftar karena terbatas hanya untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan keahlian Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika, Teknik Mekatronika, Teknik Transmisi Komunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan atau TKJ. Untuk yang SMK dengan jurusan tersebut di atas pun hanya dapat mendaftar untuk Prodip III Jurusan Instrumentasi. Lumayan lah ya ^w^
Pendaftaran dibuka 19 Maret 2013 – 19 April 2013. Masih ada banyak waktu loh untuk mendaftar. Info lebih lanjut kamu bisa download di sini ya ^w^.
Lembaga yang menampung lulusan AMG adalah BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) ialah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2003 Tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Pada Tahun Akademik 2013/2014 STSN membuka kesempatan kepada putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk menjadi mahasiswa ikatan dinas. STSN menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 tahun. STSN mempunyai 2 (dua) program studi yaitu program studi teknik persandian dan program studi manajemen persandian. Program Studi teknik persandian memiliki 2 (dua) bidang minat yaitu teknik kripto dan teknik rancang bangun peralatan sandi. Angin segar lagi kali ya buat temen-temen yang bentar lagi lulus SMA/Sederajat, STSN membuka pendaftaran mulai 25 Maret 2013 sampai 12 April 2013 atau setelah mencapai 3.000 pendaftar. makanya mesti cepet-cepetan daftar deh pokoknya soalnya kuota pendaftar aja udah dibatasi. STSN hanya untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA. Syarat-syarat yang lain kamu bisa unggah di sini dan prosedur pendaftaran bisa dilihat di sini. oh iya, kampus STSN hanya ada di Bogor *ralat untuk info yang sebelumnya*.
Lembaga yang menampung lulusan STSN adalah Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia

Update Info : Untuk lebih jelasnya akan saya sertakan persyaratannya sebagai berikut.
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna, tidak bertato, Bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RS Pemerintah.
  3. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.
  4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (tujuh) pada Semester IV dan V.
  5. Umur tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Oktober 2013.
  6. Tinggi Badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, dengan berat badan seimbang (ideal).
  7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara.
  8. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan Instansi lain.
  9. Bersedia mematuhi peraturan STSN.
  10. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).

Untuk saat ini saya update 4 perguruan tinggi kedinasan ya. Masih ada belasan lebih PTK lainnya  yang menunggu untuk dibahas. Feel free to ask. Kalo masih ragu-ragu mau tanya-tanya, share, apalagi melakukan pembetulan atas postingan saya ini, saya sangat amat berkenan dan membuka pintu bagi teman-teman semua.
Sekali lagi CMIIW. ^w^
by Rizka Agmelia.

51 komentar:

  1. Ka, klo di PTK tinggi n berat badan ngaruh bgt gk di penerimaan? misal syarat 155cm tp tingginya cuma 153cm gmn? cara tau berat badan ideal gmn?

    BalasHapus
  2. wah ngaruh itu.. selalu ada syaratnya tiap masuk PTK, syarat minimal untuk cewek biasanya 155cm, cowok 160. tapi kayak AU, AL, AD, itu standarnya lebih tinggi lagi, cewek minimalnya 160cm, kalo cowok minimal 165cm.

    Body Mass Index (BMI) dihitung dengan cara berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

    BMI = (BB) / [(TB) * (TB)]

    Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

    BMI = (45) / [(1.65) * (1.65)] = 16.5

    Apakah kamu termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:

    BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)

    BMI 18.5 - 24 = normal

    BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)

    BMI >30 = obesitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya hitung., hasilnya 18.8., tp kok kurus rasanya., kira" PTK ada yg mau nerima nggak?

      Hapus
    2. Secara fisik sih yang penting tinggi badan sesuai standar si PTK. Banyak kok temen saya yang 'kutilang' di kampus

      Hapus
  3. min, tlg kirimin alamat kampus stsn yg di MEDAN dong

    BalasHapus
  4. mohon maaf, ada kesalahan informasi, ternyata setelah saya hubungi ke STSN, kampus STSN hanya ada di Bogor. Untuk di Medan itu hanya tempat tes nya, tepatnya di SMA 1 Medan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, untuk yang di Medan tempat tesnya selalu di SMA 1 Medan atau berpindah-pindah? Dan tes apa yang dilaksanakan di Medan?

      Hapus
    2. Tempat tes dan jenis tes tergantung pada kementerian masing-masing. Tempat tes tersebut ditentukan berdasarkan kemudahan akses bagi peserta dan banyaknya peserta. Biasanya kalau di kota-kota besar diadakan tes tertulis dan tes kebugaran.

      Hapus
  5. min ptk untuk anak jurusan ips cocok nya yg mna ?
    da gtu letak nya di kota medan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek di mana passion kamu.
      Kalau sudah masuk PTK konsekuensinya harus bersedia ditempatkan di mana saja.

      Kalo IPS bisa ikut :
      - STAN, STIS,
      - Akpol, AIM, AKIP, (Bisa dibaca di http://sheisrizka.blogspot.com/2013/03/perguruan-tinggi-kedinasan-mana-yang_30.html)
      - STP, STKS, STPP (bisa dibaca di http://sheisrizka.blogspot.com/2013/03/perguruan-tinggi-kedinasan-mana-yang_26.html)
      - IPDN, STIN, STPN (bisa dibaca di http://sheisrizka.blogspot.com/2013/03/perguruan-tinggi-kedinasan-mana-yang_25.html)

      Hapus
  6. Oh iya tes nya apa aja nih?

    Thanks info nya sangat membantu ^_^

    BalasHapus
  7. Tesnya macem-macem
    beberapa PTK ada yang tesnya berlapis lapis, misalnya STAN, tesnya ada 3 lapis, tes potensial akademik (TPA), tes kesehatan (ada yang nyebut samapta), tes assessment(wawancara), ditambah seleksi kelengkapan berkas.

    BalasHapus
  8. kak, sekolah tinggi ikatan dinas mana yang masih buka pendaftaran sekarang ini??? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini semua perguruan tinggi kedinasan sudah menutup pendaftarannya. Terakhir pendaftaran yang dibuka adalah IPDN (1 Juli - 13 Juli 2013). Apabila kamu ingin mendaftar PTK, kamu bisa coba lagi tahun depan, pendaftaran PTK biasanya dimulai awal tahun dan random.

      Hapus
    2. Kemarin saya sempat update info di sini (http://www.sheisrizka.com/2013/03/perguruan-tinggi-kedinasan-mana-yang_30.html), STPI membuka Pendaftaran gelombang ke dua yang dimulai 1 Juli - 30 September 2013. Jurusan yang dibuka adalah D-II Penerbang Sayap Tetap dan D-II Penerbang Sayap Putar.
      Silakan baca lebih lanjut persyaratannya di link yang saya berikan.

      Hapus
    3. yg dimaksud dgan teknik kripto & teknik rancang peralatan sandi pada STSN thu ap kak...?

      Hapus
    4. saya juga kurang paham dengan teknik kripto dan teknik rancang peralatan sandi itu seperti apa, mungkin yang lulusan SMK teknik ada yang lebih paham soal ini

      Hapus
  9. Kak, testing masuk PTK apa aja yang dilaksanakan di medan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya tau kalo di medan adanya STAN sih.

      Hapus
  10. mim, tempat test stsn 2014 dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. medan dan yogyakarta.
      info lengkapnya klik http://spmb.stsn-nci.ac.id/index.php?mod=cara

      Hapus
  11. min, di stpn berat badan itu berpengaruh ga?

    BalasHapus
  12. kaka kalau ptk yg nerima lulusan SMK Kimia ada apa engga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk sekolah nuklir,,,
      ada kok di trit satunya

      Hapus
  13. klo smk jurusan tkj pasnya dimana kak..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg jelas ga cocok kerja di air, nanti kesetrum. Coba deh ditelusuri passion dan keahlian kamu di mana. Cek jurusan yang sesuai.

      Hapus
  14. misi min...kalau overweight..kira" bisa masuk diptk ga ya..?? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bisa pola hidup lebih diperhatikan sblm masuk ptk

      Hapus
  15. Apakah kita boleh mendaftar lebih dari satu ptk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun ini cuma boleh pilih satu ptk

      Hapus
    2. untuk beberapa kementerian menyelenggarakan tesnya secara bersamaan, dan hanya boleh pilih 1 PTK.

      Hapus
  16. Kk kan sekarang dah 2016 nih
    Bisa nanya gak,kak?...stis tinggi badan cewenya min berapa?..soalnya liat gambar di google ..tinggix sama semua...berarti ada tinggi minx dong (/-w-)/help!!!

    BalasHapus
  17. Kalo buat STIN kuota diterimanya berapa ya?

    BalasHapus
  18. AMG cuma nerima yg jurisan IPA doang? Klk IPS bisa diterima nggk ya?

    BalasHapus
  19. Kak, saya masih kelas 3 masih mau mempersiapkan diri untuk masuk AIM tahun depan.. menurut kakak saya lebih berpeluang ke AIM atau IPDN ya kak? makasih sblmnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa ngasih pendapat karena:
      1. ga kenal
      2. ga pernah sekolah ataupun berniat mendaftar di keduanya
      sila sholat istikhoroh siapatau dapat jawaban

      Hapus
  20. saya lulus semua ujian stis tetapi gagal pada tes kesehatan (tes terakhir) kemungkinaa besar karena tubuh yang overweight. dari daftar orang2 yg diterima di bkn reg XII pekanbaru, yg memiliki tubuh overweight tidak diterima. sedangkan teman2 saya yg bertubuh kurus fan lebih pendek dibandinh saya diterima. saya benar2 kesal, kalau misalnya stis tidak menerima orang2 yg overweight, kenapa tidak diberitahu lbh awal. jadwal tes kesehatan yg berdekatan dengan ujian mandiri menyebabkan saya tidak bisa ikut ujian mandiri (karena saya bukan berasal dr riau, dan saya mencoba mendaftar lewat hp tetapi tidak bisa) yg menyebabkan saya harus menganggur pada tahun ini. tapi saya tahu, tuhan memiliki rencana yg lebih baik bagi hambanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hak panitia utk memutuskan. curhat boleh tapi jangan ngamuk disini. tiap sekolah kedinasan itu ada latihan fisiknya, dan itu jadi salah satu alasan kenapa gak boleh overweight. saya juga kurus loh fyi, untungnya saya ga tersinggung sama perkataan anda.

      Hapus
  21. Ada yang tau dimana aja ada kampus sandi negara ?
    Butuh pencerahan

    BalasHapus
  22. Kalau ikut daftar semua PTK boleh gak?

    BalasHapus
  23. Kak stan itu tes akademiknya susah gak sih kak??

    BalasHapus
  24. Kak aku mau nanya kalo lulusan SMK bisanya dftr di akademik mana aja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telaah dulu di mana passion kamu, lalu cek persyaratan PTK tersebut.

      Hapus
  25. Kak untuk lulusan smk akuntansi bisa gak msuk ipdn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak SMK gbsa masuk IPDN klo stan bisa #bantujawab

      Hapus
  26. Kak kalo Anak IPS bisa ga si masuk STIS ??
    Apa tidak ada peluang sedikitpun buat anak IPS ?

    BalasHapus