Senin, 25 Maret 2013

Perguruan Tinggi Kedinasan Mana Yang Kamu Incar? (II)

Saya akan melanjutkan pembahasan mengenai PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan.
Selamat membaca dan menikmati.
5. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.
IPDN menyediakan 2 fakultas yaitu:
  1. Fakultas Politik Pemerintahan, terdiri dari 2 jurusan yaitu Jurusan Kebijakan Pemerintahan dan Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, dan
  2. Fakultas Manjemen Pemerintahan yang terdiri dari 4 jurusan yaitu Jurusan Manajemen Sumber Daya Aparatur, Jurusan Pembangunan Daerah, Jurusan Keuangan Daerah, dan Jurusan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Mulai tahun 2010 kebijakan Pendidikan Kepamongprajaan dikonsentrasikan pada Program Diploma IV (D-IV) pada semester I - VI. Setelah masuk semester VII dan VIII, dilaksanakan penjurusan dan pengalihan ke Program Strata Satu (S-1). Pada kampus IPDN di Cilandak, Jakarta, diselenggarakan Program Pascasarjana Strata Dua (S-2) dan Strata Tiga (S-3), program profesi kepamongprajaan, serta kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
IPDN terbuka untuk SMA/MA jurusan IPA maupun IPS, serta tinggi badan minimum untuk pria adalah 160 cm dan wanita minimum 155 cm. IPDN sepertinya belum membuka PMB. Jadi, saya berikan link sebagai contoh referensi untuk syarat akademis dan cara pendaftaran  di sini
6. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
Sekolah yang satu ini menawarkan pekerjaan di Badan Intelijen Negara. Saya juga tidak menemukan jurusan apa yang ditawarkan untuk dipelajari di kampus nanti. Tapi yang saya ketahui dari website resmi STIN adalah pendaftaran hanya dibuka 3 hari, yaitu 19-22 Maret 2013. Saya pun sedih membacanya, saya pikir STIN bisa dijadikan salah satu referensi dalam waktu dekat :(
Sepertinya tidak ada batasan harus IPA atau IPS di sekolah ini.
Info selanjutnya akan saya tanyakan ke call center STIN atau BIN dan akan saya update ke blog. Ingatkan saja ya, oke?! ;)

7. STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir)
Baiklah, saya akui untuk sejenak saya tercengang. Nuklir, sodara-sodara!! Nuklir!! Betapa kerennya sekolah yang mempelajari tentang nuklir! Tapi saya terjatuh dan tak bisa bangkit lagi ketika membaca ternyata pendaftaran dibuka 30 Januari 2013 dan penerimaan berkas paling lambat 20 Maret 2013. Sekolah ini terbatas untuk Jurusan IPA, SMK Jurusan Kimia, SMTI, SMK Analisis, SMK Elektronika Instrumentasi, Teknik Informatika, Mesin, Listrik, dan Otomotif.
Untuk syarat-syarat lainnya bisa dibaca di sini. Tempat pendidikan STTN adalah di Yogyakarta tepatnya di Jl. Babarsari.
Lembaga/Badan yang menampung lulusan STTN adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional.

8. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)
STPN saat ini menyelenggarakan Prodip IV Pertanahan dengan dua jurusan yaitu Jurusan Manajemen Pertanahan dan jurusan Perpetaan. Saya masih ngubek-ngubek website resmi STPN dan belum menemukan pengumuman pembukaan pendaftaran praja/mahasiswa baru. STPN juga menawarkan Prodip I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral. Untuk fresh graduate yang bisa masuk STPN sepertinya tidak dibatasi. Tapi menurut teman saya yang pernah masuk STPN, latihan fisiknya cukup berat, lebih berat dibanding STAN.
Dan tentu saja yang menampung lulusan STPN adalah Badan Pertanahan Nasional atau BPN. ^w^

Itu tadi 4 PTK yang bisa jadi referensi untuk tahun depan. 

12 komentar:

  1. apakah jurusan bahasa bisa masuk stpdn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masuk stpdn tidak ada batas jurusan

      Hapus
  2. Cara penghitungan nilai ijazah untuk dapat nilai rata2 minimal 7 untuk ipdn bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ipdn sih saya kurang paham gimana
      sekarang kan nilai ijazah itu beribet yak, ada dua kolom, mungkin yang diambil nilai sekolah yg udah final (yang udah dirata-rata sama nilai praktek) + nilai UN.

      Hapus
  3. Mba numpang tanya kalo ikatan dinas yang buat ips selain yang situ sebutkan di atas ada lagi ga?

    BalasHapus
  4. Untuk stpn D4 kira" SMA jurusan ips bisa masuk apa ndak ya mbak ??

    BalasHapus
  5. Mba kalo jurusan kimia smk itu bisa?

    BalasHapus
  6. kak mau tanya untuk masuk STIN itu harus jurusan IPA saja apa Kalo IPS jugaa boleh? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatau juga, coba buka websitenya trus telpon ke call centernya

      Hapus