Selasa, 26 Maret 2013

Perguruan Tinggi Kedinasan Mana Yang Kamu Incar? (III)

Saya cukup senang ketika membaca brosur dan mengetahui masih ada PTK yang membuka pendaftaran hingga bulan Juni, yaitu STKS. saya akan mulai membahas PTK lagi, dimulai dari sini. ^w^


9. STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial)
Sebagai gambaran umum, saya jelaskan bahwa STKS adalah PTK di bawah naungan Kementerian Sosial RI. Kabar baik mengenai STKS yaitu calon mahasiswa dapat berasal dari  PNS Kementerian Sosial maupun non-Kemensos, Pemerintah Daerah, Pegawai dari Lembaga Non Pemerintah/LSM Nasional maupun Internasional, serta Masyarakat Umum (Non PNS dan Non Pegawai Lembaga). 
Nah, berita baiknya lagi untuk fresh graduate tahun ini, STKS menerima calon mahasiswa lulusan SMA IPA maupun IPS, SMK Perawatan Sosial/Pekerjaan Sosial, dan MA. Calon mahasiswa juga bisa dari Sarjana Muda/Diploma III Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial.
Untuk waktu pendaftaran, dimulai tanggal 1 Mei - 5 Juni 2013, jadi masih banyak waktu untuk bersiap-siap dan belajar menjelang ujian saringan. Letak kampus STKS yaitu di kota Bandung.
Info lebih lanjut mengenai ujian saringan bisa diunduh di sini dan pilih 'Download Brosur Diploma-IV'

10. STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian)
STPP merupakan sekolah tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. Kampusnya tersebar di beberapa kota di Indonesia yaitu Bogor, Yogyakarta, Magelang, Malang, Medan, dan Gowa. Program yang ditawarkan adalah Prodip IV Penyuluh Pertanian, Prodip IV Penyuluh Peternakan, dan Prodip IV Penyuluh Perkebunan. Wadah yang menampung lulusan STPP adalah Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Pusdatin (Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian). Sekedar referensi untuk syarat pendaftaran bisa dibaca di sini. Dan STPP menerima semua jurusan, baik IPA maupun IPS, SMA maupun MA. Kalau tidak salah, di SMK ada jurusan Pertanian kan? Nah cocok tuh masuk STPP.
Tapi saya belum melihat adanya pengumuman PMB untuk tahun 2013/2014 nih. Seharusnya sih STPP di awal tahun sudah membuka pendaftaran.

11. Akmil (Akademi Militer)
Hayo, siapa yang nggak tahu Akmil alias Akademi Militer? Ini dia sekolah yang telah mencetak para TNI Angkatan Darat. Calon Taruna Akmil merupakan lulusan SMA atau MA (IPA untuk Taruna, IPA dan IPS untuk Taruni). Akmil merupakan pendidikan ikatan dinas yang dibiayai oleh negara. Pendidikan Akmil ditempuh dalam 4 tahun. Dengan rincian Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka yang dilaksanakan bersama taruna AAL dan AAU selama 1 tahun, tingkat I s/d tingkat IV selama 4 tahun. Akademi Militer berada di bawah Kementerian Pertahanan. Untuk masuk Akmil, syaratnya jauh lebih berat dari PTK lainnya. Umur calon taruna yang diperkenankan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan (kenapa ya harus 9 bulan?) dan tidak lebih dari 22 tahun per 1 Agustus 2013. Jadi yang sebelum 1 Agustus udah 22 tahun, saya rasa harus mundur teratur deh. Persyaratan yang lainnya yang memberatkan (menurut saya) adalah memiliki tinggi sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Saya jelas udah ga mampu masuk begitu lihat syarat ini T_T. Untung aja kalo di STAN minimal cewek 155 cm. fiuhh.. Untuk persyaratan akademis, kamu bisa baca di website resmi Akmil. Silahkan datang ke kampus Akmil di Magelang untuk melakukan pendaftaran, atau lewat website Rekrutmen Prajurit TNI.


12. AAL (Akademi Angkatan Laut)
Akademi Angkatan Laut (AAL) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Laut di Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Akademi Angkatan Laut mencetak Perwira TNI Angkatan Laut. Secara organisasi, Akademi Angkatan Laut berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Laut dan berada dibawah pembinaan Akademi TNI, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Laut.
Sebutan Taruna AAL adalah “Kadet”, Calon Kadet Akademi Angkatan Laut merupakan lulusan SMA atau MA. AAL merupakan pendidikan ikatan dinas yang dibiayai oleh negara. Pendidikan AAL ditempuh selama 4 tahun dan setelah lulus dan dilantik menjadi Perwira Pertama berpangkat Lenan Dua, Kadet AAL berhak menyandang predikat sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han). Untuk program pendidikan yang ditawarkan yaitu Prodip IV Manajemen Pertahanan Matra Laut, Teknik Mesin Kapal Perang, Teknik Elektronika Kapal Perang, Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, dan Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat. Selama masa pendidikan, Kadet AAL tidak diperkenankan untuk menikah. Lulusan yang diterima AAL adalah SMA/MA jurusan IPA, dan tinggi sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Nah, AAL juga sedang membuka pendaftaran untuk Tahun Ajaran 2013 lho! Waktu pendaftaran mulai 15 April 2013 sampai 3 Mei 2013. Masih ada waktu untuk mempersiapkan berkas-berkas. Nah, syarat-syarat akademisnya bisa langsung kamu baca di website resmi AAL

13. AAU (Akademi Angkatan Udara)
Akademi Angkatan Udara (AAU) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Udara di Yogyakarta, Indonesia. Lokasi pasti AAU bisa ditemukan di dekat Bandara Adi Sucipto. Akademi Angkatan Udara mencetak Perwira TNI Angkatan Udara. Secara organisasi, Akademi Angkatan Udara berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Udara, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Udara.
Persyaratan masuk AAU hampir sama dengan AAL. Beberapa syarat penting yaitu lulusan yang diterima AAL adalah SMA/MA jurusan IPA,  tinggi sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Syarat akademisnya bisa kamu baca di website resmi AAU. Yang pasti masa pendaftaran untuk Tahun Ajaran 2013 adalah 2 bulan, dibuka pada 1 Maret 2013 - 30 April 2013.

12 komentar:

  1. Kak yang STPP itu buat yang CPNS ya?

    BalasHapus
  2. oh iya, sorry, STPP itu untuk yang udah punya SK PNS
    kalo saya ga salah nih ya kalo PNS yang boleh sekolah itu yang udah PNS+2, artinya udah 2 tahun kerja sebagai PNS, gitu sih ^_^ tapi mungkin ada juga yang aturannya beda
    CMIIW

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum ka. Saya mau tanya, kalau STPP itu nerima maba selain PNS ga ka? Saya lulusan SMA 2013 bisa daftarkah? Saya kurang paham dgn sistem pendaftaran maba STPP. Untuk lulusan SMA 2013 itu di tes atau tidak ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor Jl. Cibalagung No.1 Kotak Pos 188 Bogor 16001 atau lewat Nomor Telp. Fax: 0251-8312386 / 8351063. HP. 082122123042 Website : www.stpp-bogor.ac.id atau e-mail : stppbogor@deptan.go.id

      Hapus
  4. Assalamuallaikum ka. apa kalo kita lulus dari perguruan tinggi kedinasan, brarti kita sudah dipastikan bekrja diinstansinya atau nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Wah maap nih baru dibales yak. Kalo PTK, udah pasti kita ditempatkan di direktorat di bawah kementerian yang menauingi PTK tersebut. Kalo ga ada jaminan ya namanya bukan perguruan kedinasan dong hehehe

      Hapus
    2. Koreksi sedikit, bagi pengetahuan saja, aku sendiri lulusan STKS sekolah kedinasan yang dimaksudkan ada jaminan penempatan (dan menjadi PNS) sudah tidak berlaku lagi semenjak peraturan baru yang menyebutkan adanya keharuskan ikut seleksi CPNS secara umum. Untuk penempatan secara umum (Tidak terikat sebagai PNS) ada beberapa sekolah kedinasan yang memberlakukannya dengan syarat sesuai daerah asal masing-masing, contoh, STKS melakukan pendaftaran kuliah sekolah tinggi melewati Balai besar atau BKD setempat, nah dari BKD daerah asal anda memiliki semacam perjanjian kerjasama setelah lulus dari kampus maka dipastikan anda akan mendapat status penempatan (bukan PNS) di instansi yang ditunjuk/dipilih oleh BKD setempat untuk STKS dan BKD yang bekerjasama diantaranya adalah jawa Barat, Sulawesi selatan dan Bangka Belitung. Oleh karena itu sebaiknya cek terlebih dahulu ke BKD setempat. Sejauh ini yang aku ketahui Sekolah Kedinasan yang masih "hampir pasti" memberlakukan penempatan dan menjadi PNS cuma STAN dan STIS. Makasih

      Hapus
    3. Mungkin STAN ngga ikut seleksi lagi soalnya dari awal tesnya udah persis seperti tes CPNS. Tinggal diujungnya ditambah TKD (kayaknya efek aturan baru, sejak angkatanku) dengan sistem CAT yang isinya soal-soal tes CPNS yang diselenggarakan BKN wilayah masing-masing.

      Makasih ya infonya :D

      Hapus
  5. kak, stks itu untuk lulusan sma apa yg sudah jd pns? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk lulusan SMA atau Diploma. Kalo untuk yg udah PNS ada lagi ntar sekolahnya khusus.

      Hapus
  6. kakak, stpp hanya menerima mahasiswa yang udh pns atau bisa yang baru tamat sma ?

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    kak kira kira untuk tamatan SMK Bisnis Manajemen bisa masuk PTK mna ajah kk ?
    Terimakasih

    BalasHapus