Sabtu, 30 Maret 2013

Perguruan Tinggi Kedinasan Mana Yang Kamu Incar? (Final)

Akhirnya kita menuju sesi terakhir membahas tentang PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan. Dan akhirnya aku bisa memanfaatkan waktu luang secara produktif.


Langsung aja, ini dia 6 PTK terakhir yang akan saya bahas.


14. Akpol (Akademi Kepolisian)
Akademi Kepolisian atau yang sering disebut Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi. Lama pendidikan 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan. Sejak 10 April 1999 Akpol dinyatakan terpisah dari Akmil, AAL, AAU, serta teknis administrasi juga lepas dari Mako Akademi TNI. Untuk Akpol dibutuhkan calon taruna dari SMA jurusan IPA/IPS atau SMK semua jurusan (kecuali Tata Boga dan Kecantikan).
Untuk pelaksanaan pendidikan dilakukan di Semarang, Jawa Tengah. Pendaftaran Brigadir Polisi dibuka mulai 2 Maret -29 Maret 2013. Eitss.. Tunggu dulu, jangan keburu kecewa, karena pendaftaran diperpanjang hingga 11 April 2013 pukul 12.00 WIB. Sedangkan pendaftaran Siswa Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Ajaran 2013 dibuka pada 4-11 Maret 2013. Info lebih lanjut mengenai pendaftaran untuk Tahun Ajaran 2013 bisa dilihat di sini untuk persyaratan pendaftaran Brigadir Polisi dan di sini untuk persyaratan pendaftaran jalur SIPSS.

15. AIM (Akademi Imigrasi)
Akademi Imigrasi adalah pendidikan kedinasan yang bernaung di bawah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Pendidikan dilaksanakan selama tiga tahun yang diawali Pendidikan Dasar Kesamaptaan di bawah Korps Marinir dan/atau Korps Brimob yang dilanjutkan dengan masa BASIS, yaitu Persiapan dan Pengenalan Kehidupan Taruna kepada calon taruna di Ksatrian AIM-Pusdiklat Depkum dan HAM RI selama 3 bulan. Persyaratan tinggi badan yaitu pria minimal 168 cm dan wanita minimal 160 cm. Terbuka untuk SMA/MA/SMK semua jurusan. Kuota peserta pendidikan sebanyak 65 orang dengan rincian 57 orang pria dan 8 orang wanita. Pendaftaran AIM telah ditutup pada tanggal 22 Maret 2013 pukul 23.59 dengan total pendaftar 3721 orang. Untuk referensi persyaratan pendaftaran, siapa tahu kamu pengen daftar AIM, kamu bisa buka website resmi Penerimaan Calon Taruna AIM

16. AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan)
Akademi Ilmu Pemasyarakatan adalah pendidkan kedinasan yang bernaung di bawah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, sama seperti AIM. Sebutan bagi peserta didik AKIP adalah Taruna/Taruni. Terbuka untuk SMA/MA/SMK semua jurusan. Pelamar yang diterima menjadi Calon Taruna/Taruni AKIP setiap tahunnya dibatasi, 53 orang pria dan 12 orang wanita. Namun tahun ini kuota peserta didik ditambah menjadi 130 kuota yaitu 114 orang pria dan 16 orang wanita. Persyaratan tinggi badan sama dengan AIM yaitu pria minimal 168 cm dan wanita minimal 160 cm. Pendaftaran AKIP telah ditutup pada tanggal 22 Maret 2013 pukul 23.59 dengan total pendaftar 3793 orang. Untuk referensi persyaratan pendaftaran, siapa tahu kamu pengen daftar AKIP, kamu bisa buka website resmi Penerimaan Calon Taruna AKIP

17. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Legok Kewedanaan, Curug, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.
STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.
Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, STPI Curug memiliki 4 jurusan pendidikan yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamtan Penerbangan, dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Setiap jurusan pendidikan terbagi dalam beberapa program studi sesuai minat dan bakat peserta pendidikan dan pelatihan.
Pendaftaran dibuka mulai 13 Februari - 31 Mei 2013. STPI hanya untuk SMA/MA jurusan IPA serta SMK dengan jurusan : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, dan Telekomunikasi.
Untuk info lebih lanjut, kalian bisa download brosurnya di website resmi STPI.

Update Info : Pendaftaran gelombang ke dua dimulai 1 Juli - 30 September 2013. Jurusan yang dibuka adalah D-II Penerbang Sayap Tetap dan D-II Penerbang Sayap Putar.
Persyaratan :
  1. tidak berumur lebih dari 23 tahun pada bulan Desember 2013
  2. belum pernah menikah dan sanggup TIDAK MENIKAH selama dalam MASA PENDIDIKAN
  3. sehat jasmani & rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata (tanpa alat bantu penglihatan), tidak memakai kawat gigi, dan tidak buta warna
  4. memiliki tinggi badan minimum, pria 167cm, wanita 165cm
  5. sanggup menaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan
persyaratan lebih lengkap bisa diunduh di sini

18. STP (Sekolah Tinggi Perikanan)
Sekolah Tinggi Perikanan atau STP adalah Pendidikan Tinggi di bawah Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan Perikanan - Kementerian Kelautan dan Perikanan. STP ini kampusnya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 
Pilihan program studi meliputi 
  1. Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI),
  2. Program Studi Permesinan Perikanan (MP),
  3. Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH),
  4. Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK),
  5. Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS), dan
  6. Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP)
Nah, STP ini bisa diikuti lulusan SMA/MA jurusan IPA maupun IPS, SUPM (Sekolah Usaha Perikanan Menengah), dan SMK jurusan tertentu yaitu Perikanan, Kelautan, Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, dan Industri. Tinggi badan minimum untuk pria adalah 160 cm dan wanita minimum 150 cm.
Saya sudah menghubungi kantor STP dan kabarnya belum ada pembukaan penerimaan mahasiswa baru (PMB). Kata mereka, bulan April atau Mei kemungkinan sudah ada pengumuman PMB. Jadi, tunggu dan update terus info tentang STP melalui website resmi STP. Berikut ini saya berikan link sebagai referensi persiapan pendaftaran STP. Silakan baca di sini.

Saya sudah menghubungi beberapa sekolah yang berada di bawah naungan beberapa kementerian, dan ternyata beberapa diantaranya tidak memberikan ikatan dinas, ada juga yang telah menghentikan pemberian ikatan dinas setelah lulus. 

Jika ada pertanyaan atau perbaikan atas tulisan saya, bisa langsung disampaikan melalui komentar atau mengirimkan e-mail ke saya ^w^

101 komentar:

  1. Terima kasih kakak...
    Sangat bermanfaat sebagai referensi nih..
    Kakak alumni STAN ya, dulu pas daftar si TB, BBnya berapa?
    Apakah ada standar?

    BalasHapus
  2. sama sama. Dari tulisan ini saya berharap bermanfaat dan ngga terpaku ama STAN.

    Iyups, saya STANers 2011/2012. BB saya 45kg waktu ditimbang pas sesi tes kesehatan. Untuk standar ada sih, utk jurusan Bea dan Cukai, harus laki-laki, min 165 cm, tidak buta warna, maks. mata minus 3.

    BalasHapus
  3. thun ini ad pnerimaan stan lgi dri SMA k'???

    BalasHapus
  4. Saya belum bisa pastikan tahun ini ada penerimaan STAN lagi, tapi ya kabar yang santer di kantor ya gitu. Tungguin aja, kalo sampe september ini belum ada ya berarti tahun ini belum ada penerimaan.

    BalasHapus
  5. maaf nih, sblumnya boleh minta follow back nya gak?
    trus website resmi STAN apa nih??

    BalasHapus
  6. hehe boleh kok.
    Website resmi STAN bisa dibuka lewat www.stan.ac.id atau lewat bppk.depkeu.go.id trus pilih tab STAN

    BalasHapus
  7. Maaf mau tanya? Sekolah kedinasan yg tidak ada persyaratan buta warna parsial ada gak? Atau yg pesertanya boleh buta warna parsial, mhon bntuanya dan infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap sekolah kedinasan memiliki beberapa jurusan dan persyaratannya masing-masing. Ada beberapa jurusan yang tidak mempermasalahkan buta warna, misalnya STAN yang terdiri dari enam jurusan, salah satunya yang tidak mempermasalahkan tentang buta warna yaitu Jurusan Keuangan Spesialisasi Perpajakan.

      Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik di link yang ada di posting ini untuk membaca persyaratannya.

      Hapus
  8. Selain STAN ada gak mbk sekolah kedinasan yg tidak mempermasalahkan buta warna? Saya lulusan thn 2011 umur menginjak 21 apa msh bisa daftar di sekolah kedinasan mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk rentang usia tergantung masing-masing sekolah. Persyaratan rentang usia, contohnya : berusia tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30 September 2013 dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September.

      Silahkan ditentukan sendiri.

      Hapus
    2. Selain STAN ada juga IPDN yang tidak mempermasalahkan buta warna. Saya berpendapat demikian karena setelah saya baca persyaratan pendaftar IPDN, tidak ada ketentuan mengenai buta warna.

      Hapus
  9. Iya mbk, tp sekolah kedinasan yg selain STAN apa? Yg bisa menerima buta warna parsial, atau yg tidak ada tes buta warnanya? Mhon bntuan dan infonya mbk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik di link yang ada di posting mengenai perguruan tinggi kedinasan untuk memudahkan menelusurinya.

      Hapus
  10. mba klo mata minus 1,25 dan 1,50 gmna ya? masih bisa masuk stan ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang menggunakan kacamata (alat bantu penglihatan) tetap bisa masuk STAN. Untuk jurusan tertentu seperti Bea dan Cukai, mereka mematok minus maksimal minus 3 (-3,00).

      Hapus
  11. kok STIP gk ada informasinya ya min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. STIP tidak saya cantumkan dikarenakan STIP tidak dinaungi oleh Kementerian Perhubungan, dalam artian STIP bukan sekolah kedinasan lagi, sehingga berpengaruh kepada biaya pendidikan yang tidak dibayarkan oleh Pemerintah Pusat, melainkan biaya pribadi. Dan setelah lulus dari STIP tidak langsung ditarik oleh Kemenhub,tapi kita mencari pekerjaan sendiri (tidak ikatan dinas). Oleh karena itu, tidak saya cantumkan. Saya hanya mencantumkan sekolah yang saat ini masih ada ikatan dinasnya ^w^

      Demikian jawaban dari saya :D
      ada pertanyaan lagi?

      Hapus
    2. Tapi STIP neriman jurusan IPS gk untuk jadi nahkoda

      Hapus
    3. langsung aja gan hubungi nomor telepon yang ada di http://www.stipjakarta.ac.id/

      Hapus
  12. lulusan SMA jurusan IPS apa bisa daftar STAN ?.

    BalasHapus
  13. Untukl lulusan SMA jurusan IPS apa bisa daftar masuk STAN ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulusan SMA Jurusan IPS bisa mendaftar STAN asalkan memenuhi syarat.

      Hapus
  14. kakak mau tanya klo AKIP itu memang bisa beneran lulusan SMK semua jurusan dftar di sana?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah mencoba mendaftar AKIP. tapi berdasarkan persyaratan yang tertulis, dapat disimpulkan bahwa lulusan SMK semua jurusan bisa mendaftar di sana, tanpa pengecualian.

      Hapus
  15. Kira-kira ada nggak kak PTK yang persyaratannya nggak pake persyaratan tinggi/berat badan? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua PTK pasti mencantumkan persyaratan berupa tinggi dan berat badan

      sama sama :)

      Hapus
  16. beraarti anak ips gak bisa masuk diteknik penerbangan nuu :) ?
    hadehh cita" gue gk bza tercapai.........,,! !!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya >.<
      mungkin kamu bisa coba kuliah penerbangan di luar negeri untuk mengejar cita-citamu~

      Hapus
  17. kak, sekolah kedinasan mana yang boleh mata min ya kak? comment ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya semua sekolah kedinasan tidak melarang calon mahasiswanya bermata minus. Beberapa jurusan mungkin membatasi tingkat minus maksimal, misalnya Bea dan Cukai maksimal -3,00

      Hapus
  18. Kalo stan taun ini masih buka pendaftaran ngga? Makasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalo nanya sekarang sih saya ngga bisa jawab ya, soalnya STAN itu biasanya buka pendaftaran sekitar agustus/september. We'll see later.

      Hapus
  19. kak, maaf mau tanya buat yang STKS itu enggak semi militer ya ? trus ikatan dinas gak ? makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sistem pendidikannya saya kurang paham ya semi-militer apa engga. Kalo STKS ada di salah satu dari 4 thread saya berarti masih ikatan dinas. Let me know kalo ada update tentang sekolah kedinasan yang udh ngga ada ikatan dinasnya lagi ya.

      Hapus
  20. Kak kalo perempuan BB 70kg dan TB 165cm itu bisa masuk persyaratan gak?? Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masuk banget itu. Kan kalo cewek biasanya patokan minimalnya 155cm.

      Hapus
  21. kak kalo AKIP tahun ini ada penerimaan gk,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung aja cekidot ke websitenya AKIP ya kakaa

      Hapus
  22. Maaf kalo reply nya lama soalnya di real life juga makin padat kerjaan. Welcome to March, guys! Hehehe.

    BalasHapus
  23. kak stk mana aja yang masih ikatan dinas? tolong infonya :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang ada di blog saya masih ikatan dinas. Silakan dicek langsung ke link yang tersedia :)

      Hapus
  24. Lulusan smk jurusan mesin bisa masuk stan jurusan beacukai ga?

    BalasHapus
  25. Kalo satu mata min 0.25 dan mata satunya normal bisa gak ya masuk STPI ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting tidak berkacamata. (syarat nomor 3)

      Hapus
  26. kak bagi info tentang skts dong, kalo udh lulus udh pasti kerja apa belom?

    BalasHapus
  27. kak apakah stp jakarta masih ikatan dinas? dan keluar nya langsung jdi pns? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya ikatan dinas ya lgsg pns tho nduk.
      Tapi ngga tau ya kayaknya sekarang ga semudah dulu, udah lulus sekolahnya trus dites akademik lagi, ceritanya tes CPNS gitu lah. Kalo ga lulus tes itu yaa silakan cari kerja di luar.

      Hapus
    2. Ka saya td baca2 di web nya AKIP tp di situ blm ada tulisan smk bisa mndaftar AKIP di situ hanya trtulis bagi sisa sma/ma sederajat ka, bagaimnan ka. ?

      Hapus
    3. Lulus dari sekolah ikatan dinas langsung jadi pns itu TABU, tidak semua sekolah ikatan dinas seperti itu dan tidak semudah itu sekarang

      Hapus
    4. @Ryantamasurya coba dicek lagi ya di panselnas.id , kalo tulisannya SMA/MA/sederajat berarti SMK gak bisa daftar

      Hapus
  28. kak masuk STAN tesnya online atau langsung ke universitasnya? trus yg dicari di STAN berapa banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes seleksi berkasnya online, tes potensial akademik nya ya tertulis. Anggep aja snmptn.
      tiap taun beda beda jumlah yang diminta, suka suka menteri pan-rb nyetujuinnya masukin berapa.

      Hapus
  29. kak boleh minta emailnya? mau tanya2 seputar sekolah kedinasan :) kalau bisa email ke me_tiara20@ymail.com ya kak, makasih

    BalasHapus
  30. kak tolong info untuk semua sekolah kedinasan jurusan ips dong

    BalasHapus
  31. kak apakah bisa lulusan smk jurusan administrasi perkantoran bisa masuk akpol ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Please read my thread carefully, I've already wrote it.

      Hapus
    2. Please read my thread carefully, I've already wrote it.

      Hapus
  32. kak apakah bisa lulusan smk jurusan administrasi perkantoran bisa masuk akpol ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Please click the link at the thread to see the requirement.
      Thank you.

      Hapus
  33. kalau jurusan ips itu bisa masuk kuliah kedinasan jurusan apa?
    yng penting stlah lulus lngsung dapet kerja
    trma ksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua kuliah bisa kok langsung kerja, niatmu dibenerin jangan untuk langsung dapat kerja, tapi untuk mengabdi kepada negara. Karena PNS itu abdi negara, kalo niat dari awal salah, bisa-bisa outputnya pun salah.
      Good luck.

      Hapus
  34. Kak pendaftaran stin kpn ya ? Soalnya thn kemarin desenmber s.d januari. Bls kak info ini penting buat temen lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran sudah dibuka. Silakan cek website panselnas.id

      Hapus
  35. Kak, di stan kan ada jurusan reguler dan non reguler, bedanya apa kakk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm jadi gini, program reguler itu yang pesertanya umum (SMA/SMK/Sederajat), kalau program non reguler itu untuk yang sudah menjadi PNS Kemenkeu.
      Good luck.

      Hapus
    2. Ka untuk pendaftaran tahun ini kalo laki2 pakai behel boleh gak daftar stan? Atau perlu dilepas dulu

      Hapus
  36. bea cukai itu kuliahnya apa.an ya kak :p
    trus dishub?

    BalasHapus
  37. Mau nanya kalau mata minus 3 itu gak bisa ke ikatan dinas yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung persyaratan kampusnya

      Hapus
  38. Kaaa, mau tanya. Kalau untuk akip sendiri ada batasan minus matanya gak yah? Thanks

    BalasHapus
  39. ka mohon infonya saya ingin masuk AIM tapi saya setelah diperiksa kedokter saya miner o.75,kira2 masih bisa keterima ga yah ka? mohon dibales yah,terimaksih

    BalasHapus
  40. ka mohon infonya saya ingin masuk AIM tapi saya setelah diperiksa kedokter saya miner o.75,kira2 masih bisa keterima ga yah ka? mohon dibales yah,terimaksih

    BalasHapus
  41. Kak apakah sttd melarang berkacamata atau engga? Nah misalnya dilarang, contoh kedinasan mana yg tidak melarang kita berkacamata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak ada larangan. Kebetulan website nya tidak bisa diakses jadi belum bisa dipastikan lagi.

      Contoh : IPDN, Poltekip dan Poltekim

      Hapus
  42. kak, lokasi tes stp di mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran pusat di Jakarta. Tapi tes di daerah bisa dicek di sini >> http://www.stp.kkp.go.id/?page=artikel&konten-id=235

      Hapus
  43. Kk saya mau tanya saya sekarang masih sekolah di SMKN 1 KOTA BENGKULU dengan jurusan ADMINISTRASI PERKANTORAN,, ikatan dinas apa yg bisa menerima saya degan jurusan itu kk... makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicek dulu ya kira-kira passion kamu di mana ^_^

      Hapus
  44. Kak kalau minus 3 bisa gak masuk ke IPDN ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Tidak boleh berkacamata.

      Hapus
  45. Ka, kalau tahun lulusan 2017. Mau masuk AKMIL tapi saya punya penyakit buta warna parsial, apakah bisa mengikuti seleksi ??? Mohon bantuan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara eksplisit tidak dijelaskan mengenai buta warna, tapi nanti ada seleksi kesehatan jadi tidak dapat dipastikan.

      Hapus
  46. Kak mau nanya selain stan sekolah kedinasan yg bolehin pake kacamata apa aja ya kak trus untuk mata min itu sendiri maksimal brapa kak untuk masing-masing PTK ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. STIS yang penting tidak buta warna, STSN, STMKG maksimal minus 2, STIN maksimal plus 1 atau minus 1.

      Hapus
  47. Jika saya mata min. 3.5 masuk ke pajak atau akuntansi bisa gak yah?

    BalasHapus
  48. apakah bisa memilih AKMIL dan STAN
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, Boleh. Karena TNI tidak termasuk dalam satu K/L dari 8 K/L yg dimaksud di sini : http://bit.ly/2mndNjU (silakan download) dan website untuk pendaftarannya pun berbeda. Kalau STAN daftarnya di panseldikdin (website-nya kira kira up lagi tanggal 9 Maret 2017), sedangkan Akmil di ad.rekrutmen-tni.mil.id . Tapi kalau ternyata waktu seleksinya bersamaan silakan pilih salah satu.

      Hapus
  49. Kak saya berminat masuk aim,tp saya berkacamata dgn minus 1,75. Kira kira bisa gak ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Silakan baca di sini >> http://bit.ly/2lGPOfz

      Hapus
  50. Kak saya berminat masuk aim,tp saya berkacamata dgn minus 1,75. Kira kira bisa gak ya kak?

    BalasHapus
  51. kak kalo tb -150 masih bisa ada harapan masuk aim ngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Silakan baca di sini >> http://bit.ly/2lGPOfz

      Hapus
  52. Kak mau tanya, kalo daftar stan sama daftar akpol sekaligus bisa nggak ya ????

    BalasHapus
  53. Semua sekolah kedinasan untuk laki laki TBnya minimal 165cm ya?

    BalasHapus
  54. Ka mau tanya, sekolah tinggi mana aja yang menerima orang berkacamata?terimakasih

    BalasHapus