Kamis, 23 Februari 2017

Perguruan Tinggi Kedinasan Mana Yang Kamu Incar?! Edisi 2017

Halo, rekan-rekan semua :D

Ini tulisan pertama di 2017.

Saya tidak sempat menulis karena saya melanjutkan pendidikan. Sebenarnya itu bukan alasan, justru ketika kuliah banyaaaaak banget waktu luang. Tapi saya lebih banyak menggunakan waktu saya untuk istirahat (read : tidur).

Dan saya berharap artikel ini bermanfaat.

Jadi, saya mau mengulas kembali mengenai Perguruan Tinggi Kedinasan karena banyaknya minat pembaca dan pertanyaan terkait.

Here we go.


1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara-STAN)

Ga bosen-bosennya saya bahas soal STAN, kalau kalian mau tanya-tanya persyaratan masuk STAN dan pertimbangan kira-kira bisa ngga kamu masuk STAN, saya bisa sediakan jawaban dan pertimbangan. Tapi tidak untuk PTK lain, karena saya nggak pernah daftar PTK lain selain STAN dan STIS.

Pendidikan di lakukan di beberapa kota di Indonesia, yaitu Bintaro, Balikpapan, Cimahi, Medan, Palembang, Denpasar, Pontianak, Manado, Makassar, Yogyakarta, Malang, Pekanbaru >> related article.

Btw namanya udah ganti yaa dari STAN menjadi Politeknik Keuangan Negara. Iya, emang panjang. Jadi kampus lagi bermetamorfosa :D
For your information, tahun ini pendaftaran PKN STAN dibuka pada tanggal 9 s/d 16 Maret 2017. Jadi, untuk adik-adik yang berminat silakan kunjungi website-nya, pantengin mulai bulan depan ya :D

Kuotanya nggak begitu banyak, total 6.961 siswa. Kalau komposisinya saya belum dapat informasi.
Ada 4 jurusan yang bisa kamu pilih yaitu : Pajak, Kepabeanan dan Cukai, Akuntansi, dan Manajemen Keuangan. Tingkatannya D-1 dan D-3.

Persyaratan masuk sih nggak ada yang spesial, yang penting nilainya minimal 7. Jurusan apa aja bisa. PKN-STAN terbuka untuk teman-teman SMA/MA/SMK/sederajat (siapa tahu ada yang home schooling, tapi belum pernah ketemu sih, adanya akselerasi). Teman saya banyak kok yang dari SMK, jurusannya pun beragam. Jurusan yang agak strict paling Bea Cukai, karena ada persyaratan minusnya maksimal -3,00. Kalau metode pendaftarannya sekarang saya kurang paham, tapi kalau melihat dari pengalaman saya nanti nilai rapot sama nilai UN dimasukkan ke dalam kolom yang ada di website-nya. Setelah itu, tunggu pengumuman untuk verifikasi berkas.

Setelah lulus dari PKN-STAN, kalian akan disebar di satuan kerja Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote.

Apa lagi pertanyaan yang biasa diajukan ya?

Oh iya, tinggi badan. Sebagai catatan, SEMUA perguruan tinggi kedinasan pasti ada require tinggi badan. Rata-rata setiap perguruan tinggi syaratnya tinggi badan minimal laki-laki 160cm dan perempuan 155cm. Dan jangan terlalu gemuk ya, soalnya nanti bisa terdepak di tes kesehatan. Yang dicek luar-dalam. Otomatis buka baju. Tapi mungkin tidak seperti Kepolisian yang sampai periksa keperawanan ya. Cuma dipukul-pukul aja lututnya, tes refleks gitu. Setelah dinyatakan sehat, kita dites lari keliling lapangan bola. Minimal 4 putaran ya (saya dulu lari 4 putaran lebih sedikit).

Untuk tempat tes, nanti lihat saja di pengumuman. Biasanya di BDK masing-masing, di sekolah yang banyak ruang kelasnya, atau di Gedung Keuangan Negara (GKN). Kalau ada update pengumuman nanti saya update.

2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.
IPDN menyediakan 2 fakultas yaitu:
Fakultas Politik Pemerintahan, terdiri dari 2 jurusan yaitu Jurusan Kebijakan Pemerintahan dan Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, dan
Fakultas Manjemen Pemerintahan yang terdiri dari 4 jurusan yaitu Jurusan Manajemen Sumber Daya Aparatur, Jurusan Pembangunan Daerah, Jurusan Keuangan Daerah, dan Jurusan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Mulai tahun 2010 kebijakan Pendidikan Kepamongprajaan dikonsentrasikan pada Program Diploma IV (D-IV) pada semester I - VI. Setelah masuk semester VII dan VIII, dilaksanakan penjurusan dan pengalihan ke Program Strata Satu (S-1). Pada kampus IPDN di Cilandak, Jakarta, diselenggarakan Program Pascasarjana Strata Dua (S-2) dan Strata Tiga (S-3), program profesi kepamongprajaan, serta kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Syarat umumnya IPDN terbuka untuk SMA/MA jurusan IPA maupun IPS, serta tinggi badan minimum untuk pria adalah 160 cm dan wanita minimum 155 cm. Nilai minimal 7 dan mata tidak boleh minus.

Untuk persyaratan tahun sebelumnya bisa dibaca dan didownload di sini >> DOWNLOAD SYARAT SELEKSI IPDN

Kuota sebanyak 1.689 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 9 s/d 31 Maret 2017. Website seleksinya adalah http://spcp.ipdn.ac.id/spcp/. Untuk informasi pendaftaran bisa pantengin WEBSITE PANSELNAS dan TWITTER PANSELNAS.

Masih sanggup guys baca artikelnya? Baru 2 lho. Masih ada 6 lagi ^_^

3. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)
About STTD :

Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau disingkat STTD adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 08 September 1951. Dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan atau tidak melakukan kegiatan. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali Akademi Lalu Lintas.

Pada tanggal 05 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR), namun masih disebut-sebut dengan nama Akademi Lalu Lintas. BPL-ALLAJR hanya menyelenggarakan program Diploma III Ahli LLAJR. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi serta perkembangan sistem pendidikan yang ada maka pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dimana berkedudukan dibawah Departemen Perhubungan.

Prodi nya ada 5 yaitu : D-IV Transportasi Darat, D-III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, D-III Perkeretaapian, D-III Angkutan Sungai, Danau, dan Penyebrangan, dan D-II Pengujian Kendaraan Bermotor.

Persyaratan : Usia maksimum 23 tahun, tinggi badan minimal laki-laki 165cm dan perempuan 160cm, nilai rata-rata rapot minimal 7 untuk mata pelajaran Matematika dan Fisika mulai semester 1 s/d 5 (require SMA/MA jurusan IPA). Untuk kamu yang masih sekolah, kamu bisa minta surat keterangan peserta UN dari Kepala Sekolah untuk mendaftar.

Kuota yang disediakan sebanyak 165 siswa. Pendaftaran dibuka dari 9 s/d 31 Maret 2017.

Kamu bisa daftar di sini : Daftar STTD (tapi website nya belum bisa diakses)

Setelah itu masuk ke sini : WEBSITE BPSDM KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

4. POLTEKIM dan POLTEKIP (Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)
Akademi Imigrasi (AIM) sekarang POLTEKIM adalah suatu pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian.

AIM saat ini di komandoi oleh seorang direktur bernama Ibu Pramella Yunidar Pasaribu memiliki Visi yakni menjadikan SDM (Sumber Daya Manusia) Imigrasi yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Sedangkan Misinya menanamkan nilai-nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, bersahaja, dan bersih hati. Visi dan Misi AIM tersebut diarahkan dalam rangka mencapai tujuan pembentukan AIM yaitu mencetak kader pimpinan di lingkungan Direktorat Jendral Imigrasi dan Kementerian Hukum dan HAM RI masa depan dimana lulusannya kelak akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri.

pada Poltekim Ada 4 Prodi yaitu : D-IV Hukum Keimigrasian, D-IV Administrasi Keimigrasian, D-IV Manajemen Teknologi Keimigrasian, D-III Keimigrasian.
pada Poltekip tersedia D-IV di bidang teknis Pemasyarakatan yang akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Pembimbing Kemasyarakatan

Persyaratan : SMA/sederajat, nilai minimal 7 (khusus Papua dan Papua Barat nilai minimal 6), tinggi badan minimal laki-laki 165cm dan perempuan 158cm, berat badan ideal, tidak berkacamata (tidak boleh minus), dan belum pernah DO dari PTK manapun.

Kuota yang disediakan tahun ini 500 orang. Berkaca dari formasi tahun lalu, 500 orang ini akan dibagi dua, kemudian dibagi lagi dalam 2 formasi yaitu laki laki dan perempuan dengan jumlah laki-laki mendominasi. Tahun lalu perbandingannya 115:15. Jadi bisa dikira-kira ya peluangnya.

Untuk contoh persyaratan tahun lalu kamu bisa baca di sini >> PERSYARATAN PENDAFTARAN POLTEKIM POLTEKIP

5. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) ialah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2003 Tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 tahun. STSN mempunyai 2 (dua) program studi yaitu program studi teknik persandian dan program studi manajemen persandian. Program Studi teknik persandian memiliki 2 (dua) bidang minat yaitu teknik kripto dan teknik rancang bangun peralatan sandi. Angin segar lagi kali ya buat temen-temen yang bentar lagi lulus SMA/Sederajat, STSN membuka pendaftaran mulai 9 s/d 31 Maret 2017 dengan kuota sebanyak 100 siswa. Dulu waktu saya mau daftar (tahun 2011) dibatasi 2000 pendaftar, jadi cepet-cepetan ya guys.

Untuk lebih jelasnya akan saya sertakan contoh persyaratan tahun sebelumnya sebagai berikut.

1. Warga Negara Indonesia
2. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna, tidak bertato, Bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RS Pemerintah.
3. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.
4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (tujuh) pada Semester IV dan V.
5. Umur tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun.
6. Tinggi Badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, dengan berat badan seimbang (ideal).
7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara.
8. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan Instansi lain.
9. Bersedia mematuhi peraturan STSN.
10. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID)

Persyaratan lebih lanjut bisa panntengin websitenya ya.

6. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Saya pernah ikut tes di STIS dan gagal di tahap awal. Soal yang disajikan sih mudah, menjawabnya itu yang susaaaah banget, terlebih saya tidak begitu suka pelajaran statistik. Selain itu, ruang ujiannya dingin minta ampun. Satu kelas diawasi 3-5 orang dari mahasiswa STIS sendiri.

Angin segar untuk temen-temen sekalian *fiuhhhhh*, STIS udah membuka pendaftaran. Untuk pendaftaran online nya dibuka 6 s/d 31 Maret 2017, baik reguler maupun PTB (tugas belajar) secara bersamaan, dengan kuota sebanyak 500 siswa.

Persyaratan :

1. Warga Negara Indonesia
2. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna, tidak bertato, Bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RS Pemerintah.
3. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA, tidak menerima lulusan SMK.
4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (tujuh) pada Semester IV dan V.

Info lebih lanjut bisa dilihat di website ini >> PERSYARATAN STIS.

Lembaga yang menampung lulusan STIS adalah BPS (Badan Pusat Statistik).

7. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
Dulu namanya AMKG. Kampusnya deketan dengan kampus STAN yaitu di Pondok Betung. Yang pasti ini untuk temen-temen yang pecinta alam dan sains.
STMKG tahun ini membuka pendaftaran Program Diploma (Prodip) III jurusan Meteorologi, Program Diploma III jurusan Geofisika, Program Diploma III jurusan Instrumentasi dan Program Diploma III Jurusan Klimatologi.
Sayang sekali tidak semua fresh graduate bisa ikutan daftar karena terbatas hanya untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan keahlian Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika, Teknik Mekatronika, Teknik Transmisi Komunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan atau TKJ. Untuk yang SMK dengan jurusan tersebut di atas pun hanya dapat mendaftar untuk Prodip III Jurusan Instrumentasi. Lumayan lah ya ^w^
Pendaftaran dibuka 9 s/d 31 Maret 2017 dengan kuota sebanyak 250 siswa.

Persyaratan tahun lalu adalah sebagai berikut:

1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata.
2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2016 (lahir setelah tanggal 31 Agustus 1993 atau sebelum tanggal 31 Agustus 1999). syarat ini nantinya memengaruhi saat pengangkatan CPNS.
3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
4. Bebas narkoba.
5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian
6. Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima.
7. Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).
8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lembaga yang menampung lulusan STMKG adalah BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

8. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
Sekolah yang satu ini menawarkan pekerjaan di Badan Intelijen Negara. Pendaftaran dibuka dari tanggal 9 s/d 31 Maret 2017. Saya pun sedih membacanya, saya pikir STIN bisa dijadikan salah satu referensi dalam waktu dekat :(
Sepertinya tidak ada batasan harus IPA atau IPS di sekolah ini.

Persyaratan Umum:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Siswa SMU/SMK/MA kelas XII tahun 2017, serta lulusan tahun 2015 dan 2016
3. Nilai rata-rata raport kelas X, XI dan semester 1 kelas XII minimal 7,0
4.Memiliki skor IQ min. 115 (skala Weschler) yang diperoleh dari hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK.
5.Tidak cacat fisik dan mental
6.Tinggi badan putra minimal 160 cm dan putri 155 cm, dengan berat badan ideal.
Putra : Tidak pernah bertato dan tidak bertindik
Putri : Tidak pernah bertato dan tidak bertindik dibagian tubuh yang tidak wajar

7. Jika berkacamata maksimal +(plus) atau – (minus) 1,0
8. Tidak pernah mengalami patah tulang


Persyaratan Administrasi:
1. Surat ijin Orang Tua/wali
2. Foto Copy raport kelas X, XI dan XII semester ganjil yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
3. Fotocopy hasil psikotes yang dtandatangani oleh psikologi
4. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD
5. Surat keterangan bebas NARKOBA dan HIV-Aids dari RSUD
6. SKCK dari Kepolisian setempat
7. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan
8. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 1 buah, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru & foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran poscard dengan pakaian atas putih bawah hitam (tampak depan samping kanan dan kiri).
9. Foto copy Akte Kelahiran/Kenal Lahir
10. FotoCopy KK (Kartu Keluarga)

Kamu juga bisa download brosurnya di sini >> BROSUR STIN


Selain itu saya juga ingin mengingatkan bahwa teman-teman hanya dapat memilih 1 (satu) perguruan tinggi kedinasan. Memilih lebih dari 1 menyebabkan kamu gugur secara otomatis. So, be wise dan pertimbangkan baik-baik dimana keahlian dan peluangmu.

Peraturan terkait bisa diunduh di sini >> PENGUMUMAN BKN TENTANG PENDAFTARAN PTK B/1268/M.PAN-RB/03/2016 TAHUN 2016

29 komentar:

  1. Kak, mau nanya. Klo IPDN itu nerima murid smk gak? Makasi

    BalasHapus
  2. Kalau poltekip kemenkumham lulusan smk bisa kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMA/Sederajat itu bisa diterjemahkan : SMA dan MA
      Jadi SMK gabisa :(

      Hapus
  3. Kak, kalau poltekip kemenkumham dari smk semua jurusan bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMA/Sederajat itu bisa diterjemahkan : SMA dan MA
      Jadi SMK gabisa :(

      Hapus
  4. Kak, yang menerima mata minus di sekolah mana aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah yang tidak mencantumkan syarat "tidak boleh minus"
      STAN dan STSN, misalnya

      Hapus
    2. Sttd mata minus 1 boleh gak?

      Hapus
  5. Kak intinya smk bisa masuk yang mana selain stan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak kelas saya lulusan SMK bisa masuk STAN bea dan cukai

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Ada yg boleh pakai kacamata minus 4 gk ya sekolah kedinasan

    BalasHapus
  8. Ada yg boleh pakai kacamata minus 4 gk ya sekolah kedinasan

    BalasHapus
  9. Mata minus 4 apakah bisa masuk ikatan dinas?

    BalasHapus
  10. Kak kedinasan yang boleh dua di coba apa aja kak? mohon dibalas ya kak makasih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya kalo kedinasan cuma boleh milih 1 kalo mau milih yang lain otomatis pilihan sebelumnya gagal *bantu jawab

      Hapus
  11. Kak skolah kedinasan yang tidak pake syarat tinggi badan apa ya kak?

    BalasHapus
  12. Apakah sekolah STTD tinggi badan kurang dari 165 bisa masuk nggak?

    BalasHapus
  13. kak saya lulusan smk, ikatan dinas mana yang kira2 nerima lulusan smk kak ?

    BalasHapus
  14. Kak, saya mau ikut ptk speerti stip atau stin. Tapi kendalanya nilai un mtk saya di bawah standar kelulusan un. mata pelajaran lainnya udah diatas 7, cm mtk doang yg jlk. Tapi kalau dirata2in nilai UN saya 69 hampir 7. Apakah nilai un mnjadi persyaratan ketika ingin masuk ptk? Terimkasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Nilai UN tdk mempengaruhi ptk..

      Hapus
    2. Bantu jawab. Nilai UN tdk mempengaruhi ptk..

      Hapus
  15. kak minta rekomendasi ikatan dinas untuk jurusan ips dong.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Nilai ku bagus kak tapi aku min 2. Sekolah kedinasan apa aja yg bisa menerima aku.. aku cuma tau intelijen aja

    BalasHapus
  18. Udah mines lumayan tinggi,lumayan pendek, gk terlalu pinter. Sedi g bakal masuk aku :( curhat

    BalasHapus